Senin, 07 Februari 2011

**tokoh-tokoh filsafat islam

TOKOH-TOKOH FILSAFAT ISLAM


A. Tokoh Filsafat Islam, diantranya adalah :

1. Al Ghazali :
Nama lengkapnya Abu Hamid Muhammad Al Ghazali, lahir di Thus, Persi, 1059. karya-karyanya diantaranya adalah Maqasid al Falasifa (Maksud Filsafat) dan Tahasut Al Falasifa (kerancuan filsafat) karya ini menyerang secara sarkasme terhadap filosof. Latar belakangnya adalah kecenderungan para filsafat menjadi pemikir bebas yang cenderung menolak paham Islam dan mengabaikan dasar ritual ibadat yang menurut mereka tidak pantas bagi pencapaian intelektual.
Tahun 1095 Al Ghazali mengalami krisis pribadi, kemudian keluar dari jabatan guru besar sebagian menyebut beliau adalah Rektor Universitas dan meninggalkan Baghdad, kemudian menjalani hidup Sufi dan merantau ke Damaskus, Kairo, Mekah dan Madinah. Setelah berhasil mengatasi krisis, mulai menulis karya Sufistik -Ihya Ulum Al Din (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama), ini adalah kitab moral terbesar dan karya Master Piece-nya. Al Ghazali walaupun Sufi dari literatur tidak tercatat bahwa beliau merupakan anggota salah satu tarekat. Ada tharekat Al Ghazaliyah.. didirikan oleh pengikutnya bukan didirikan oleh Al Ghazali sendiri secara langsung. Al Ghazali dianggap para sarjana latin seperti AL Farabi dan Ibnu Sina sebagai filosof peri-patetik dan Neo Platonis.

2. Al Farabi
Al Farabi adalah filosof terbesar muslim Neo Platonis pertama yang besar dan dijuluki guru kedua (al Muallim Al Tsani) wafat. 950 M. Guru pertAmanya adalah Aristoteles (Al Muallim Al Awwal). Menurut Ibna Sina, bahwa Al Farabilah yang membantu Ibnu Sina memahami ajaran metafisika Aristoteles. Al Farabi lahir di Desa Wasij wilayah Farab - Persia, tahun 870M. Al Farabi juga disebut-sebut sebagai musikus handal. Kitabmusik karyanya Buku Besar Tentang Musik (Kitab Al Musiq Kabir).

3. Ibn Sina
Ibn Sina (980-1037), Ibn Sina adalah filosof dan ahli kedokteran. Sepeti filosof lain pada jamannya ia percaya bahwa manusia punya tubuh dan jiwa. Ibn Sina membagi tiga bagian jiwa manusia : Jiwa alami (nabati), jiwa hewani (hayawani) dan jiwa rasional, Tiap bagiannya mempunyai tujuannya (entelechy) masing-masing dan mengatur daya-daya yang melakukan khusus. Buku-buku karangan Ibn Sina kebanyakan tentang ilmu kedokteran diantaranya yang populer : Al Qanun fi al Tibb (buku kedokteran ditulis 14 jilid, ditulis saat usia 16 tahun).
4. Al-Kindi
Lahir di Kufah sekitar pada tahun (185H/ 801M).
5. Al-Razi
Lahir di Rhogee, dekat dengan Teheran, Ripublik Islam Iran, pada tanggal 1 Sya’ban (251H / 865M).
6. Ibnu Miskawah
Lahir di kota Rayy Iran pada tahun (330H/ 941M) dan wafat di Asfahan pada tanggal 9 Shafar 421H/ 16 Februari 1030M.
7. Ikhwan Al-Shafa
Lahir di tengah-tengah komunitas sunni sekitar abad ke-4 H / 10 M. di Basrah.
8. Ibnu Bajjah
Di lahirkan di Saragossa (Spanyol) pada akhir abad ke-5 H / 11 M.
9. Ibnu Thufail
Lahir di Cadix, propensi Granada Spanyol, pada tahun 506 H/ 1110M.
10. Ibnu Rusyd
Dilahirkan di Cordova, Andalus pada tahun 510H / 1126M. sekitar lima belas tahun wafatnya Al-Ghazali.

Sumber; Judul Buku: Filsafat Islam Filosof dan Filsafatnya
Karangan: Prof. Dr. H. Sirajuddin Zar, MA.
Penerbit: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta: 2007.
Judul Buku: Filsafat Umum
Karangan: Muzairi, M, Ag.
Penerbit: Teras, Y

Tidak ada komentar:

Posting Komentar